Jiz'il: Pemuda Beriman Pembela Nabi Musa

 


Gua mau coba share Tadabbur tentang kisah Nabi Musa AS - Firaun - Lelaki beriman dari keluarga Firaun.

Tadabbur ini ngandung betapa hebat nya hal2 empiris dan aktual dalam memperkuat argumen sama seberapa penting sejarah untuk dipelajari dan ditelaah.






Ghofir: 26

Dimulai dari ayat ini. Setelah dialog dengan nabi Musa, Firaun malah BT banget dan langsung ngomong gini. "Udah lah sini gue aja yg bunuh Musa biar ga makin aneh2 lagi." 

Menurut Tafsir al-Baghowi Firaun bilang begitu karena sebenrnya petinggi2 nya pun takut bunuh Musa. Ngeri2 kena azab gitu.


Ghofir: 27

Akhirnya Nabi Musa beneran berdoa minta perlindungan dari Allah, dan langsung diijabah lewat Rojulun Mukmin setelah ayat ini. 

Sebenernya byk yg bisa diambil dari uslub doa Nabi Musa. Tapi butuh tulisan lain dengan tema berbeda. Sekarang kita ga fokus kesitu dulu.


Ghofir: 28

Bicaralah seorang beriman dari keluarga Firaun.

Note ya sebenernya ulama beda pendapat ttg siapa rojulun mukmin ini. Ada yang bilang dia anak paman nya Firaun, ada yg bilang dia tuh bani isroil. Nah perbedaan ini tergantung seorang Qori Waqof dimana. Beda tempat berhenti beda makna.

Keren ga tuh quran. Ga ush ke pemilihan diksi nya deh, beda tempat berhenti aja maknaya nya jadi beda jauh. Tapi lagi2 kita ga bakal bahas panjang masalah ini ya hehe.

Menurut Ibn Abbas R.A dan kebanyakan Ulama, nama laki2 ini adalah Jiz'il (جزئيل). Kita pake nama itu ya.

Lanjut, jadi di ayat itu Jiz'il ini gregetan. "Kenapa sih mau dibunuh wong dia cuma bilang Tuhan nya Allah aja. Kalo dia bohong juga yaudah dia dapet dosa bohong. Nah kalo jujur gimana coba? Kena azab lo pada ntar."

Ya kan sebenrnya yaudah kalo Nabi Musa bohong dia dapet sangsi sosial dengan sendiri nya. Mungkin dianggap gila dan ga ada yang percaya. Jadi kenapa panik amat gitu kalo Firaun percaya Nabi Musa bohong? Sampe mau dibunuh segala.

Nah justru kerana Firaun panik, berati ketika itu Firaun sadar kalo Nabi Musa ini benar, bisa dipercaya, dan bisa2 ngancem eksistensi nya. Makanya Firaun tuh sama aja kek Kafir Quraisy, mereka tau Rasul itu benar. Tapi mereka sombong aja ga mau nerima kebenaran.

Menurut Tafsir al-Baghowi, bagian ayat:
《وَإِنْ يَكُ كَاذِبًا فَعَلَيْهِ كَذِبُهُ》
Itu dijelaskan dengan:
"ألَا يَضُرُّكُمْ ذَلِكَ"
Kira2 artinya: "ga bakal bikin kalian rugi juga."

Pertanyaanya: Emang iya ta kalo Musa ternyata bohong, trus Musa dilepas dan dibiarkan dengan tujuannya apakah Firaun ga rugi?

Jawabannya ada di surat Toha ayat 47:

Karena pada dasarnya tuntutan nabi Musa tuh minta bani Isroil dilepas dan jangan di adzab terus. Coba nih misal Nabi Musa pembohong, terus dibiarin mimpin bani Isroil, ya ujung2 nya komunitas Bani Isroil ga bakal bener. Pemimpin yang ga punya visi aja bisa ngancurin organisasi, apalagi pemimpinnya pembohong? Nah makanya kalo Nabi Musa pembohong ga bakal rugi Firaun cs.

Wong bani Isroil pun kumpulan budak ketika itu, kalaupun dilepas ya ga mungkin langsung kuat terus punya kerajaan dan akhirnya perang lawan Mesir, ya ga mungkin juga.

Jadi ga ada rugi nya kalo Nabi Musa pembohong terus tuntutan nya diturutin. Nah Nabi Musa kan bukan pembohong nih, harusnya makin kuat dong dorongan Firaun untuk nurutin tuntutan Musa. Karena kalau Firaun malah berpaling diancam azab kan.

Jadi poin dari omongan Jiz'il adalah jangan dibunuh nabi Musa, turutin aja tuntutan nya, karena bakal win2 solution bahkan buat kerajaan Mesir sendiri.


Ghofir: 29

Jiz'il nerusin argumennya. Mesir saat itu lagi jaya, rakyat2 mesir kalo ada ancaman apa-apa bisa lari ke penguasa yang lagi duduk di majelis itu. Tapi kalo penguasa yang duduk di majelis itu tertimpa musibah dari entitas yang jauh lebih kuat terus mau lari ke siapaaa??? Lari ke mana?? 

Udh selogis itu argumen Jiz'il, Firaun malah dengan sombong nya merasa paling benar dengan pandangannya, dan merasa paling pintar keputusannya.

Apakah Jiz'il menyerah dengan ngatak nya Firaun??? Oh tidaaakk. Ini poin menarik nya.


Ghofir: 30 - 31





Jiz'il ngelanjutin argumennya dengan sejarah. Jiz'il bilang kalo keputusan ngebunuh Nabi Musa AS beneran goal, bisa bahaya. Jiz'il kasih bukti lewat sejarah. Bahwa ada banyak kaum2 sebelumnya yang menetapkan keputusan yang sama hingga akhirnya mereka semua binasa.

Cara Jiz'il menggunakan sejarah dalam argumennya tuh menarik banget. Artinya, ketika itu cerita2 umat terdahulu bukan sekedar dongeng bagi mereka, tapi bener2 sejarah yang bisa dijadikan dasar argumen.

Kalo sejarah bisa jadi dasar argumen artinya ketika itu bukti2 hancurnya ummat terdahulu itu ada, jelas, dan diakui sebagai sebuah "pengetahuan". Makanya bahkan kisah2 ummat terdahulu Jiz'il pake sebagai "evidence" dalam struktur argumen nya.

Ghofir: 34

Jiz'il juga bawa2 sejarah tentang nabi Yusuf. "Kalian lo waktu itu nabi Yusuf ke mesir, dan bawa bukti2 yang jelas banget, kenapa kalian masih aja ragu??"

Apa dampak penggunaan Sejarah sebagai evidence dalam argumen Jiz'il? Luar biasaaa.




Ghofir: 36

Yang awalnya Firaun menggebu-gebu "SINI LAH GUE BUNUH AJA". Yang awalnya Firaun ngeyel "Semua pake pendapat gue, pandangan gue yang paling pinter." Setelah diomongin pake sejarah, akhirnya dia ganti keputusannya.

Firaun memerintah mentri  nya untuk ngebuat bangunan. Supaya Firaun bisa mastiin bener  ga nih Nabi Musa.

Signifikan kan?

Awalnya Firaun ga ambil pusing, yaudah langsung bunuh ajee. Setelah argumen sejarah di bawa, Firaun sampe bener2 ragu dengan pendirian awalnya, ragu dengan keputusan yang pertama udah dia tetapkan yaitu ngebunuh Nabi Musa. Sampe dia mau bikin bangunan dulu. Dia mau repot samoe sejauh itu, coba bayangin sekuat apa argumen Jiz'il mendobrak hati Firaun.


Ghofir: 37

Dalam ayat ini lebih menarik, disini makin keliatan kalau Firaun udah bener2 galau. Sampe kata yang dipake disitu adalahلَأَظُنُّهُ كَاذِبًا》yang kira2 artinya "kayanya dia bohong deh".

Kata ظن yang artinya "mengira (dengan tidak yakin)" itu penggunaannya banyak di quran dan makanya ga melulu "tidak yakin". Ada banyak maknanya.

Tapi untk pemakaian di ayat ini, mengutip dari laman 
"ملتقى أهل التفسير" bahwa makna ظن disini adalah الحسبان . Yang menggambarkan seakan-akan yakin padahal gak. Nih cuplikan nya:












Gitu deh, bayangin yang Firaun awalnya mutusin ngebunuh Nabi Musa AS. Terus diomongin pake pertimbangan logika Firaun masih aja ngeyel merasa paling pinter. Terus disinggung fakta2 empiris berdasarkan sejarah, baru Firaun ceming dan ngubah keputusannya.

Itu lah pentingnya bukti dan fakta dari sebuah argumen. Dan itu pula pentingnya kita mengetahui sejarah dan menelaah nya karena dengan sejarah argumen kita jadi lebih kuat dan dampaknya lebih kerasa.

Cerita tentang Jiz'il ini sepenuhnya penulis ambil dari Quran, Tafsir al-Baghowi dan sedikit Tafsir at-Thobari. Semoga kita bisa menjadi orang yang mengambil pelajaran dari sejarah, dan menggunakannya untuk membela kebenaran dan meninggikan kalimat Allah.

"(يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَلْتَنظُرْ نَفْسٌ مَّا قَدَّمَتْ لِغَدٍ ۖ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۚ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا تَعْمَلُونَ (18"

Wallahu a'lam bishowwab

Comments

Barangkali Terlewat

Seberapa Jauh Islam Menjamin Kebebasan Anda Sebagai Manusia?

Kenapa Islam Harus Diterapkan Dengan Bentuk Sistem Menyeluruh?

Alerta! Dunia Islam Sedang Tidak Baik-Baik Saja

Sejauh Apa Alam Akan “Menghukum” Umat Manusia? #1

Sayyidah Maryam dan Keluh nya